Selasa, 05 April 2011

Membaca dan Psikolinguistik

Bab I
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG
Membaca merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan untuk mendukung kemampuan berbahasa. Syarat seorang bisa membaca adalah pemahaman atas tulisan yang digambarkan melalui beberapa symbol. Symbol tersebut harus dikenali terlebih dahulu bentuk terkait dengan penulisan dan kemudian bagaimana pelafalannya. Sehingga hal yang perlu diketahui sebelum membaca adalah tulisan, grafem dan fonem, serta elemen.
Meskipun kemampuan membaca bukalnlah suatu hal kodrati. Dalam arti seseorang tidak harus bisa membaca untuk mempertahankan hidupnya.Tetapi bagaimanapun itu, membaca merupakan suatu keterampilan yang harus diajarkan oleh orang tua atau orang dewasa dan dipelajari oleh anak.

B.TUJUAN
Membaca adalah suatu keterampilan yang harus diajarkan oleh orang tua atau orang dewasa dan dipelajari oleh anak. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mengajarkan membaca pada anak. Penulis akan menjelaskan tentang beberapa tahapan dalam membaca yaitu :
1. tahap tahap perkembangan membaca
2. Menjelaskan kemampuan dan tanda tanda kesiapan membaca
3. menjelaskan faktor faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca
Namun, sebelumnya penulis juga akan menjelaskan tentang sejarah tulisan yang kemudian membuat seseorang harus menterjemahkan simbol simbol tersebut dengan cara membacanya.
Selain itu makalah ini di buat juga untuk memperoleh nilai kelompok dari Tugas mata kuliah PSIKOLINGUISTIK.

C. METODE PENULISAN
Metode yang penulis pakai dalam membuat makalah ini adalah metode Literature yang mengunakan sumber dari majalah artikel dan lain lain.

D. SUMBER MAKALAH
Penulis mendapatkan sumber dari berbagai macam buku yang berhubungan dengan keaksaraan juga artikel artikel yang didapat dari internet .

BAB II
SEJARAH TULISAN


A. SEJARAH TULISAN
1. Cuneiform
Huruf alfabetis yang sekarang kita kenal telah melalui beberapa perkembangan. Tulisan awalnya dapat ditelusuri ke tahun 3100 sebelum masehi pada bangsa sumeria yang hidup di Mesopotamia purba diantara sungai tigris dan Euphrates ( soenjono ;wolf dkk). Mereka menggunakan cuneiform yaitu gambar yang melambangkan benda atau konsep dan digoreskan pada tanah liat. Bentuk cuneiform sedikit demi sedikit mulai berubah menjadi makin abstrak, menjauh dari perwujudan benda tersebut Lihat gambar.

ini adalah Cuineform.
Sementara itu di mesir system tulisan yang dikembangkan adalah gambar yang dikenal sebagai hieroglyph, dan di Cina dikembangkan ideologram yaitu gambar gambar yang menyimbulkan objek, kemudian ideologram ini berkembang kembali menajdi logo gram yaitu wujud simbol yang mewakili masing masing kata.
2. Syllabary
Perkembangan selanjutnya adalah syllabary, yang mewakili sebuah suku kata. Contoh yang bisa kita lihat adalah tulisan bahasa jepang dan bahasa Jawa.

3. Alphabet
Perkembangan terakhir adalah huruf alphabet. Asal-usul sumber huruf alafabet yang kita kenal sekarang masih banyak menjadi perdebatan, yaitu masuk ke Italia dari Akadia atau Etrusca. Tulisan dalam huruf alphabet berubah-rubah arahnya, dimulai dari kanan ke kiri hingga menjadi dari kiri ke kanan pada abad ke 7. Penyebaran alphabet Latin ini seiring dengan kekuasaaan kerajaaan Romawi. Alfabet Latin ini pun dikenal di Indonesia karena dibawa oleh Belanda.

B. GRAFEM DAN FONEM
Grafem adalah satuan unit terkecil sebagai pembeda dalam sebuah sistem aksara (huruf). Satu grafem dapat dipetakan tepat pada satu fonem, meskipun cukup banyak sistem ejaan yang memetakan beberapa grafem untuk satu fonem (misalnya grafem dan untuk fonem /ŋ/) atau sebaliknya, satu grafem untuk beberapa fonem (misalnya grafem untuk fonem /e/ dan /ə/). Fonem adalah unsur bahasa yang terkecil dan dapat membedakan arti atau makna (Gleason,1961: 9). Bisa juga diartikan sebagai lafalan/pengucapan.
Suatu system tulisan yang ideal adalah jika satu fonem diwakili oleh satu grafem. Pada bahasa Indonesia EYD secara keseluruhan sudah baik walaupun masih ada dua grafem yang mewakili satu fonem, yaitu untuk fonem (/ŋ/). Dalam kaitannya dengan membaca, korelasi antara grafem dan fonem memegang peranan penting karena makin besar korelasinya maka makin bisa dipastikan dapat memudahkan orang untuk membaca.

C. ELEMEN PADA HURUF
Huruf alphabet latin yang kita kenal sebenarnya mempunyai elemen unik pada setiap hurufnya sehingga bisa dibedakan antara satu sama lain. Misalnya pada huruf p, q, b, dan d sama-sama terdapat elemen garis dan setengah lingkaran. Yang membedakan hanyalah letak setengah lingkaran pada garis. Namun terkadang bentuk huruf tidak selalu sama, yang paling jelas adalah perbedaan bentuk huruf kecil dan huruf capital contoh A dan a, E dan e, G dan g. Selain itu juga perbedaan gaya tulisan, seperti :
A A A A
B B B B
Namun itu hanyalah gaya yang tidak akan mengubah bunyi ataupun arti dari huruf tersebut.















BAB III
MEMBACA

A. DEFINISI MEMBACA
1. Menurut Andersron dkk :
“ suatu proses untuk memahami makna suatu tulisan.”
2. Menurut Hari ( 1970: 3)
“ Membaca merupakan interprestasi yang bermakna dari simbol verbal yang tertulis /tercetak”
Proses yang dialami dalam membaca adalah berupa penyajian kembali atau penafsiaran suatu kegiatan dimulai dari mengenali huruf , kata, ungkapan, frase, kalimat, dan wacana dan menghubungkannya denganbunyi dan maknanya.
Jadi Kesimpulannya Membaca adalah kemampuan bahasa tulis yang bersifat reseptif , yaitu kemampuan yang meliputi kegiatan kompleks dan melibatkan keterampilan. Jadi kegiatan membaca merupakan suatu kesatuan kegiatan yang terpadu yang mencakup beberapa kegiatan seperti mengenali huruf dan kata kata, menghubungkannya dengan bunyi, maknanya serta menarik kesimpulan dari maksud bacaan.

B.TAHAPAN DALAM MEMBACA
Ada 4 tahapan dalam berbahasa yang hingga sampai saat ini masih diangap benar, yaitu :
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. membaca
4. Menulis
Dua tahap pertama adalah bahasa lisan, sedangkan dua tahap terakhir adalah bahasa tulisan. Tahap tahap yang dimunculkan dalam psikolinguistik sebelum lahir ini ternyata merupakan landasan psikolinguistik yang kuat, karena ternyata dari apa yang telah kita pelajari pada bab sebelumnya, bahwa kompherensi lebih dahulu dari pada produksi. Maksudnya adalah bahwa dalam tahapan bahasa anak terlebih dahulu menangkap atau memahami apa yang orang lain katakan sebelum ia bisa berkata seperti apa yang kita katakan.
Anak mulai berbahasa dengan mendengarkan terlebih dahulu baru kemudian membaca dan menulis. Tetapi dua tahapan terkahir ini bukanlah merupakan persyaratan hidup, karena tanpa membaca dan menulis manusia masih bisa mempertahan kan hidupnya. Namun demikian dalam pandangan masyarkat modern, membaca (dan menulis) merupakan bagian yang tidak dapat dikesampingkan, karena tanpa dua kemampuan ini, kita hanya akan terbatas pada apa yang ada disekitar kita saja. Oleh sebab itu manusia modern umumnya bisa membaca dan menulis.
Dalam membaca ada dua tahapan, yaitu :
1. Tahapan Pemula
2. Tahapan Lanjut

1. TAHAPAN PEMULA
Dalam tahap ini yang perlu dicapai adalah dari tidak bisa membaca jadi bisa membaca. Hal yang perlu diperhatikan pada tahap ini adalah keteraturan bentuk dan pola gabungan huruf. Untuk keteraturan bentuk dan pola gabungan huruf diperlukan kemampuan anak dari segi psikologi dan neurologis.

Sebelum mengajarkan membaca pada anak, dasar dasar kemampuan membaca atau kesiapan membaca perlu dikuasai oleh anak.
1.1 Psikologi
a. Kemampuan Membedakan auditoral
Dari segi psikologinya anak perlu mengembangkan kemampuan kognitifnya dalam membedakan bentuk sehingga diperlukan bekal atensi dan motivasi. Anak anak harus belajar memahami suara suara umum dilinngkungan mereka dan mampu membedakan suara suara tersebut. Mereka harus memahami kosep volume, rangkaian, tekanan , tempo, pengulangan dan kontras huruf dalam alfabet. Terutama suara suara yang dihasilkan konsonan awal dalam kata. ( Mis: suara huruf D dan suara T, huruf M dan N )
Beberapa contoh kegiatan untuk membedakan auditoral misalnya : guru bisa meminta anak anak untuk memberi nama sesuatu yang dimulai dengan suara yang sama dengan namanya.

b. Kemampuan diskriminasi Visual
Anak anak harus bisa belajar memahami objek dan pengalaman umum dengan gambar gambar pada foto, lukisan dan pantomim. Mereka harus belajar mengidentifikasi bentuk , warna warna dasar, menggabungkan objek objek berdasarkan warna, bentuk atau ukuran.
Beberapa contoh kegiatan ini misalnya: guru bisa meminta menyalin bentuk bentuk geometris seperti lingkaran , bujur sangkar, segitig dan busur.

c. Kemampuan membuat hubungan suara dengan simbol
Pada akhirnya anak harus bisa mengkaitkan huruf besar dan huruf kecil dengan nama mereka dan dengan suara yang mereka representasikan. Ia harus tahu bahwa d disebut de dan menetapkan suara pada awal kata ”daging ”

d. Kemampuan perseptual Motoris
Mereka harus melatih kemampuan ini dengan cara menyusun puzzle sederhana, lukisan dengan tangan , membentuk tanah lihat dan keamampuan yang berhubungan dengan motorik halus. Hal ini perlu untuk menyalin huruf dan kata untuk menulis nama mereka yang memadukan suara.
Selain itu diperlukan kemampuan asosiatif yang mengaitkan sesuatu dengan sesuatu yang lain. Dalam hal ini adalah membaca dengan menyimbolkan apa yang dia suarakan ke dalam bentuk tulisan (simbolisasi).

1.2. Neurologi
Dari segi neurologinya, anak akan dapat membaca jika neuro-loginya telah memungkinkan. Maksudnya adalah membaca dapat dilakukan jika memang anak dapat berbicara dan memenuhi prasyarat-prasyaratnya, yaitu penguasaan system fonologi bahasa mereka, kemampuan sintaksis, dan kemampuan semantik.
Anak anak sebelum bisa menulis dan membaca memiliki kemapuan subtansial yaitu berbicara dan mendengarkan, meskipun demikian kemampuan ini harus ditingkatkan dan diperbaiki. Dengan singkat dapat dikatakan bahwa membaca hanya dapat dilakukan oleh anak yang sudah memiliki prasyarat tertentu dalam berbicara.
a. Kemampuan penguasaan system fonologi bahasa mereka
Adalah kemampuan membedakan bunyi bunyian yang adalam dalam kata kata dalam bahasa mereka. Artinya anak Amerika tentunya akan sadar bahwa tulisan mboten dan nguping bukanlah kata dalam bahasa Inggris (fonologi). Maksudnya mereka akan sadar bahwa bunyi bunyi tertentu tidak ada dalam bahasa dia.

b. Kemampuan Sintaksis
adalah kemampuan dimana seorang anak mampu memahami tata bahasa didalam bahasanya, maksudnya seorang anak akan menyadari bagaimana pola sebuah kalimat itu harus ada pelaku, perbuatan, dan yang terkena perbuatan (sintaksis). Dalam bahasa Inggris maupun Indonesia urutannya adalah Subjek + Verb ( kata kerja / predikat) + Objek.

c. Kemampuan Semantik
Adalah kemampuan anak untuk membedakan kata secara terpisah ataupun gabungan. Contohnya : anak akan dapat membedakan makna kata sapu dan saputangan.



2. TAHAP LANJUTAN
Pada tahap ini membaca dapat didefinisikan sebagai suatu proses untuk menganalisa input yang berupa bahan tertulis dan menghsailkan output yang berupa pemahaman atas bahan tersebut.
Pada tahap lanjut, yang perlu dicapai adalah pemahaman makna melalui beberapa pemenuhan prasyarat. Yaitu :
a. kemampuan pemrosesan kata dan kalimat.
Jadi bagaimana makna kata terkait dengan makna kata yang lain (sapu lidi vs sapu lidi), apa yang menjadi referen pada anaphora (hendrik datang, kemudian dia pergi vs dia datang, kemudian hendrik pergi), pengudaraan kata-kata yang ambigu dari konteks, peran tanda baca (“Istriku, yang tinggal di Tangerang, cantik” versus istriku yang tinggal di tangerang cantik), dan untuk bahas-bahasa yang mempunyai perbedaan akibat waktu (tenses) (Yes, I love him vs Yes, I loved him).
b. kemampuan untuk memahami apa yang tersirat dalam bacaan
Seorang penulis terkadang tidak selamanya menyatakan sesuatu secara ekspilit. Karena itu pembaca dalam tahap ini harus bisa memahami apa yang tersirat dalam bacaan. Misalnya penulis memberikan gambaran tentang kota besar yang suka macet dan banyak terjadi kejahatan. Ini bisa merupakan makna tersirat dari tinggal di kota besar itu tidak menyenagkan.

c. kemampuan untuk menangani ihwal yang baru
Terkadang ketika kita membaca kita akan menemukan kata yang tidak biasa kita dengar atau pemakaian berbeda pada yang biasa kita dengar. contoh kata kilir, jika biasanya digunakan untuk tangan dan kaki. Namun kata kilir juga bisa dipadankan dengan kata lidah, yang berarti keliru dalam berbicara.
d. kemampuan untuk memilih
Setiap orang membaca karena ada tujuannya, sehingga dua orang yang membaca satu bacaan yang sama akan menhgasilkan komprehensi yang berbeda juga bila tujuan membacanya berbeda. Misalnya membaca sejarah Pangeran Diponogoro, pembaca A bertujuan mengetahui kapan terjadinya perang tersebut, dan pembaca B ingin mengetahui tokoh tokoh yang ada dalam perang tersebut.

C.TANDA TANDA KESIAPAN MEMBACA
Setelah kita mengetahui tahap tahap dalam membaca, maka sebelum kita mengajarkan anak membaca dan menulis tentunya kita harus mengetahui tanda kalau anak tersebut telah siap untuk diajarkan membaca.
Tanda tanda kesiapan membaca pada anak adalah :
1. Anak sudah mampu memahami bahasa lisan. Kemampuan ini dapat kita lihat ketika kita bercakap cakap atau memberikan suatu perintah atau petunjuk.
2. Anak dapat mengujarkan kata kata denga jelas. Kemampuan ini bisa dilihat ketika ia mengatakan kata misalnya Kuping dengan benar, kata meja dengan benar.
3. Anak sudah mampu mengingat kata kata dengan baik. Kemampuan ini bisa dilihat dengan menanyakan “ ini apa? “ sambil memegang rambut. Anak itu menjawa “ rambut”. Esoknya tanyakan hal yang sama pada adan tersebut, jika anak itu menjawab dengan jawaban yang sama berarti anak tersebut sudah mampu mengingat dengan baik.
4. Anak sudah menunjukan minat membaca. Kemampuan ini bisa dilihat bila anak itusudah mulai sering membuka buka buku cerita bergambar, mencorat coret kertas.




D. FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN MEMBACA
Proses mental anak ketika belajar membaca juga akan tertolong jika didukung oleh bahan bacaan yang tepat. Bahan bacaan yang tepat untuk tahap pemula adalah jika dilandaskan pada ilmu linguistic, psikologi, dan pendidikan. Dari segi ilmu linguistic, bahan ajar memperhatikan keteraturan bentuk,misalnya dengan menyajikan huruf p dan d, dalam kata papa dan dada. Papa adalah orang tua dan dada adalah bagian tubuh. Padahal huruf yang mengikuti yaitu p dan d sama-sama dibentuk dengan garis dan setengah lingkaran hanya berbeda pada letak setengah lingkaran pada garis.
Dari segi ilmu psikologi dan pendidikan, seseorang akan dapat menyerap sesuatu dengan lebih mudah apabila orang itu senang melakukannya. Sehingga atmosfir dalam belajar harus dibuat menyenangkan, misalnya dengan tokoh kartun, seperti Sesame Street, dengan kata lain mencipatakan bermain sambil belajar.

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kemampuan membaca pada seorang anak, yaitu :
1. Motivasi, maksudnya adalah seorang anak yang memiliki motovasi yang kuat untuk membaca akan giat untuk belajar membaca tanpa disuruh, sehingga siswa memiliki hasil belajar yang lebih baik.
2. Lingkungan keluarga, berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa pembaca dini ( yang telah pandai membaca sebelum masuk sekolah) berasal dari keluarga yang orangtuanya sering membaca , sehingga membuat anak gemar membaca.
3. Bahan bacaan. Cerita yang mudah dipahami akan membuat seorang anak menyukai isi ceritanya dan meningkatkan minat mereka untuk terus membaca. Bahan bacaan terkait dengan dua hal topik dan isi. Anak anak harus di perkenalkan dengan topik yang berbeda tetapi bisa menarik minat mereka untuk membaca.



Bab IV
METODE MEMBACA


A. METODE PENGAJARAN MEMBACA
Secara umum ada dua metode pengajaran membaca, yaitu proses membaca mulai dari bawah ke atas dan proses membaca mulai dari atas ke bawah. Metode yang biasa digunakan adalah metode dari bawah ke atas, yaitu dimulai dari huruf, suku kata, kata, dan kalimat. Atau biasa dikenal dengan metode eja. Sedangkan metode dari atas ke bawah adalah dimulai dari sebuah kalimat,kata, suku kata, dan kata. Metode ini jika dikembangkan untuk pengajaran anak biasanya akan dipadankan dengan gambar yang dideksripsikan oleh kalimat tersebut.

B. MODEL MEMBACA
Ada beberapa model membaca, yaitu :
1. Model Atas ke Bawah (MMAB)
MMAB sering juga dinamakan model berdasar konteks, jadi mengasumsikan bahwa informasi tentang konteks dapat secara langsung mempengaruhi caranya kata dipersepsi dan di interprestasi. Informasi dari konteks ini menyangkut beberapa hal, yaitu :
a. Pembaca memulai tahapan membacanya dengan membaca prediksi-prediksi, hipotesis-hipotesis, dugaan-dugaan berkenaan dengan apa yang mungkin ada dalam bacaan, bermodalkan pengetahuan tentang isi dan bahasa yang dimilikinya. Pengetahuan ini bisa bersifat umum misalnya pengetahuan yang dimiliki siapapun tentang roda yang berbentuk lingkaran, dan api itu bersifat panas. Sedangkan pengetahuan yang bersifat khusus itu misalnnya tentang pengetahuan terhadap suatu berita tertentu.
b. pembaca menggunakan strategi yang didasarkan pada penggunaan petunjuk semantik dan sintaksis, artinya untuk mendapatkan makna bacaan, pembaca dapat menggunakan petunjuk tambahan yang berupa kompetensi berbahasa yang ia miliki. Misalnya pada sintaksis seperti menghilangkan prefiks Men pada kalimat pasif atau pada semantik seperti kalimat orang yang mengawini dan menceraikan pada bahasa indonesia itu sudah pasti subjeknya pria.
Jadi menurut model membaca atas-bawah dapat disimpulkan bahwa pengetahuan, pengalaman dan kecerdasan pembaca diperlukan sebagai dasar dalam memahami bacaan. Model membaca atas bawah ini berpijak pada teori psikolinguistik, mengenai interaksi antara pikiran dan bahasa.

2. Model Bawah ke Atas (MMBA)
Landasan dasar untuk model bawah ke atas sering disebut juga sebagai model yang berdasarkan stimulus, adalah bahwa rekognisi (pengenalan) kata tergantung terutama pada informasi yang ada pada kata itu, bukan pada konteksnya. Karena itu pengenalan kata terjadi secara diskrit( kata itu sendiri) dan hierarki ( bertahap).
Dalam MMBA ada tiga tahap yaitu :
a. Tahap Sensori yaitu : kita mengkaji fitur visual kata itu bentuk bentuk hurufnya.
b. Tahap Rekognisi yaitu : pengakuan apakah paduan huruf huruf dari kata tersebut sudah memenuhi aturan fonotatik bahasa indonesia sehingga bentuk itu bisa disebut sebagai kata. maksudnya bunyinya memang merupakan bunyi dari fonotatik bahasa indonesia. Dari pengetahuan ini kita bisa tahu bahwa kata Oiva bukanlah kata dari kata indonesia, karena bunyi ( ) tidak ada pada bahasa kita.
c. Tahap Interprestasi yaitu : Proses pemahaman makna dari sebuah kata. Contohnya Padi kita paham makna dari kata padi itu.
Jelaslah bahwa menurut MMBA teks bacaan itu diproses oleh pembaca tanpa informasi yang mendahuluinya, tanpa ada hubungannya dengan isi bacaan. Tapi tentu saja membaca bukan berhenti pada rekognisi kata demi kata saja , tetapi mencakup keterkaitan antar satu kata dengan kata yang lain .








BAB IV
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Bahasa adalah medium tanpa batas yang membawa segala sesuatu mampu termuat dalam lapangan pemahaman manusia. Oleh karena itu memahami bahasa akan memungkinkan peneliti untuk memahami bentuk-bentuk pemahaman manusia. Ada 4 tahapan dalam berbahasa yang hingga sampai saat ini masih diangap benar, yaitu :
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. membaca
4. Menulis
Membaca adalah kemampuan bahasa tulis yang bersifat reseptif , yaitu kemampuan yang meliputi kegiatan kompleks dan melibatkan keterampilan. Jadi kegiatan membaca merupakan suatu kesatuan kegiatan yang terpadu yang mencakup beberapa kegiatan seperti mengenali huruf dan kata kata, menghubungkannya dengan bunyi, maknanya serta menarik kesimpulan dari maksud bacaan.
Secara umum ada dua metode pengajaran membaca, yaitu proses membaca mulai dari bawah ke atas dan proses membaca mulai dari atas ke bawah. Metode yang biasa digunakan adalah metode dari bawah ke atas, yaitu dimulai dari huruf, suku kata, kata, dan kalimat. Atau biasa dikenal dengan metode eja. Sedangkan metode dari atas ke bawah adalah dimulai dari sebuah kalimat,kata, suku kata, dan kata. Metode ini jika dikembangkan untuk pengajaran anak biasanya akan dipadankan dengan gambar yang dideksripsikan oleh kalimat tersebut.

B. SARAN
Kemampuan membaca pada anak sama dengan keterampilan menulis, dimana untuk memiliki keterampilan membaca tersebut diperlukan pelatihan, praktek dan pembiasaan. Oleh sebab itu kita perlu memiliki strategi pengembangan kemampuan membaca untuk tahap anak usia dini agar proses pembelajarannya tidak mengadopsi dari proses pembelajaran yang berlaku di SD.
Apabila Hal ini tidak ditindaklanjuti dengan benar, maka akibatnya taman kanak kanak tidak lagi menjadi tempat bermain , bersosialisasi dan mendapatkan teman yang banyak, melainkan menjadialih fungsi sebagai sekolah TAMAN KANAK KANAK yang menyekolahkan anak secara dini dan instan.
Karena itu penulis memberikan saran berbagai macam metode yang bisa dikembangkan untuk kemampuan menulis dan membaca yang sesuai dengan karakteristik anak Taman kanak kanak, yaitu :
1. Pendekatan pengalaman berbahasa yaitu guru menggunakan kata kata anak sendiri untuk membantunya belajar membaca. Kata kata ini dapat berupa penjelasan suatu gambar atau suatu cerita pendek yang dimasukan kedalam buku.
2. metode Fonik yaitu mengandalkan pelajaran alphabet yang terlebih dahulu kepada anak anak, mempelajari nama nama huruf dan bunyinya.
3. Lihat dan katakan, yaitu : Anak belajar mengenali kata kata atau kalimat kalimat keseluruhan, bukan bunyi bunyi individu. Mereka memandangi kata kata, mereka mendengar kata itu diucapkan dan kemudian mereka mengulangi ucapan itu.
4. Metode pendukung konteks, yaitu : gunakanlah buku yang benar benar menarik bagi mereka, buku dengan dua versi cerita bergambar yang isi ceritanya panjang danm satu ceritany lagi lebih ringkas.







DAFTAR PUSTAKA

http://ilmucomputer2.blogspot.com/2009/09/model-membaca-atas-bawah-mmab.html
http://daudp65.byethost4.com/baca2/baca31.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafem
http://id.wikipedia.org/wiki/Fonem
Dardjowidjojo, Soenjono. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta:2003. Yayasan Obor Indonesia
Dhieni, Nurbiana dkk. Metode pengembangan Bahasa Jakarta Universitas terbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar