Selasa, 05 April 2011

Karakteristik kognitif anak usia dini 3-5 tahun

KARAKTERISTIK KOGNITIF ANAK USIA 3-6 TAHUN



A. Berpikir secara simbolik
Anak Usia 3-5 Tahun, adalah anak pada masa Pra operasional Kongkrit, artinya bahwa mereka memilik kemampuan menghadirkan secra mental atau simbolis objek kongrit atau nyata, tindakan, dan peristiwa. Mereka hanya percaya pada kinerja konkret objek bukan gagasan.

B. Memahami kelestarian Bilangan
Kelestarian adalah kemampuan untuk memahami bahwa zat zat dan benda benda itu tetap sama terlepas dari perubahan bentuk atau perubahan susunan dalam ruang.

C. Berpikir Semi Logis.
Pemikiran dan penalaran anak anak pada usia ini adalah semi logis karena penalaran logika mereka terbatas.Anak anak usia 3 – 5 tahun tidak mampu mengingat lebih dari pada satu hubungan dalam suatu waktu.

Karakteristik kognitif anak usia 3-6 tahun
1. Anak dapat menyebut bilangan tanpa salah 1-10.
2. Anak dapat menghubungkan lambang bilangan dengan benda (1-10)
3. Anak dapat menentukan penyebab bau bauan.
4. Anak dapat menentukan penyebab rasa.
5. Anak dapat memecahkan masalah sederhana berdasarkan hubungan sebab akibat.
6. Anak dapat merumuskan hipotesa ( jika...... maka...)
7. Anak dapat melakukan operasi hitung.
8. Anak dapat mengestimasi jumlah berkurang atau bertambah.
9. Anak dapat mengestimasi hasil pemanasan ( gula mencair, air mendidih )
10. Anak dapat mengestimasi hasil pendinginan ( air membeku)
11. Anak dapat menunjukan posisi benda ( di atas, di bawah, di depan, di belakang)
12. Anak dapat mengelompokan benda ( berdasarkan, bentuk dan warna)
13. Anak dapat menyebutkan 4 –7 bentuk benda ( Bujur sangkar, persegi, segitiga, lingkaran )
14. Anak dapat membedakan besar-kecil, panjang pendek, berat-ringan.
15. Anak dapat mengelompokan lebih dari 5 warna.
16. Anak dapat membedakan Luas dan sempit.
17. Anak dapat menjelaskan tentang sebuah kejadian.
18. Anak dapat mengetahui bagian bagian huruf.
19. Anak dapat menyelesaikan puzle (4 – 7 keping)
20. Anak bisa menyebutkan kegunaan benda , misalnya apa gunanya piring?
21. Anak bisa membedakan konsep penuh dan kosong.
22. Anak bisa menyebutkan nama hari, dan nama bulan dalam 1 tahun.
23. Anak dapat menyebutkan macam macam alat transportasi.
24. Anak dapat mengenal berbagai macam Profesi.
25. Anak dapat membedakan Pagi, siang, sore, dan malam hari.
26. Anak dapat mampu memadankan bentuk benda dengan objek nyata, misal bentuk persegi sama dengan bentuk televisi.
27. Anak dapat mampu mengetahui dan menyebutkan usianya.
28. Sengaja menumpuk kotak atau gelang sesuai dengan ukurannya.
29. Anak dapat membedakan berat benda dengan timbangan.
30. Anak dapat mengisi dan menyebutkan isi wadah.
31. Anak dapat meniru pola dengan menggunakan berbagai media.
32. Anak dapat mengungkapkan asal mula sesuatu.
33. Anak dapat menyusun balok membentuk sebuah bangunan.
34. Anak dapat meronce secara terpola.
35. Anak dapat mencari jejak jalan pada gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar